Hari ini di Pulosari sedang berlangsung Posyandu Balita. Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk masyarakat yang dipimpin oleh Bidan Desa agar mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Posyandu Balita diadakan setiap Hari Selasa dan Rabu pada awal bulan.

Di Posyandu, kita dapat menimbang balita setiap bulan agar terpantau pertumbuhan dan berat badan idealnya. Selain itu balita dan anak-anak juga akan mendapatkan kapsul vitamin A. Bagi Bayi umur 6-11 bulan mendapatkan kapsul Vit. A warna biru sedangkan balita umur 12-59 bulan mendapatkan kapsul Vit. A warna merah. Pemberian Vitamin ini dilakukan setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

Selain Pemberian Vitamin, Balita dan anak-anak juga mendapatkan edukasi dari petugas tentang bagaimana cara membersihkan gigi pada anak-anak. Pengukuran tinggi badan anak juga dilakukan oleh Bidan Desa untuk mnegetahui apakah anak tersebut masuk kategori Stunting atau tidak.

Stunting itu sendiri adalah adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Maka dari itu upaya pencegahan lebih baik dilakukan sejak dini demi masa depan sang buah hati sebagai generasi penerus bangsa yang berhak tumbuh dengan sehat. Jangan lupa rutin datang ke Posyandu ya ??? :)

Galeri

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?